Edo Damaraji ST.: Sejarah Terukir Di Kabupaten Banyumas Penguatan Masyarakat Tentang Pengawasan,Pengelolaan Dana Desa Dan BOS

WARTAJATENG.COM: BANYUMAS - Dengan adanya alokasi Dana Desa dan BOS yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat ke Desa Dan Sekolah di Indonesia, Perlunya Masyarakat berperan serta mengawasi program tersebut.Karena menggunakan anggaran negara yang sangat besar dan berpotensi melakukan tindak pidana korupsi atau memperkaya diri sendiri,hal ini sangat merugikan masyarakat.GNPK-RI Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia,sebagai tindakan pencegahan korupsi, Pimpinan Daerah Kabupaten Banyumas-Jateng,Mengadakan Workshop pengawasan dan pengelolaan tentang Dana Desa dan Dana BOS.

Kegiatan Workshop tersebut dilaksanakan Pada 29/11 di RM Kemangi,Pabuaran kecamatan Purwoketo Utara,Kab.Banyumas.Adapun tamu undangan yang Berkesempatan hadir dalam acara Workshop adalah Ketua GNPK-RI Pusat H.Muhamad basri Budi Utomo,Ketua GNPK-RI Jawa Tengah Dr.Drs Hono Sejati SH.Mhum,Litbang GNPK-RI Pusat Aa Subandoyo,Abdul Hakim,Dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas diwakili oleh Ani Widosari,S.Pd.,M.Pd,Kader GNPK-RI,LIBAS (Lembaga Independent Banyumas),Serta peserta tamu undangan lainya. Acara Workshop dimulai sekitar pukul 10:00 wib di buka dengan sambutan dari Ketua GNPK-RI Pimpinan Daerah Kabupaten Banyumas Edo Damaraji  St.

"Pada pagi hari ini Sejarah terukir dikabupaten Banyumas,Penguatan Masyarakat dalam hal Pengawasan,Pengelolaan Dana Desa dan Dana BOS"tuturnya.

Dia juga menyampaikan bahwa sudah keliling ke Desa-desa yang berbeda-beda tempat di wilayah kabupaten Banyumas,Di desa-desa tersebut masih Banyak permasalahan dari sistem Penentuan perencanaanya,Penentuan Skala Prioritasnya,pengelolaanya,penentuan pelaksanaanya dan LPJ. "Ada Desa yang di Tahun 2017 ini menerima Dana Desa Sampai sekitar 5 miliar,yang biasanya cuma menerima 400 juta per Tahun,Padahal tidak semua Kepala Desa itu ber-ijazah Sarjana Hukum,Akuntasi,teknik,Spd Dan lainya"tambahnya. Dengan adanya workshop yang di selenggarakan oleh LSM GNPK-RI Pimpinan Daerah wilayak kabupaten Banyumas ini,Diharapkan kepada para peserta yang hadir pada saat itu ikut mengawasi Adanya Dana desa dan BOS.(Son/tim)