Penomena 1000 Hanoman di Bukit Kendali Sada Desa Kaliori Banyumas

INDONESIASATU.CO.ID:

BANYUMAS - Begitu banyak sekali muncul Kera di lapangan Garuda dan Bukit Kendali Sada Pada Minggu 24/09 sekitar pukul 09:00 wib.Kera Putih Tersebut adalah orang yang memakai kostum Hanoman dalam rangka acara Festival Kendali sada 2017.Kegiatan ini di gelar oleh masyarakat dan pemerintah desa yang dilaksanakan Di Desa Kaliori Kec.Kalibago, Kab.Banyumas Jawa Tengah. Antusiasme Warga Masyarakat yang mengikuti Festival Kendali Sada sangat luar biasa serta Ribuan penonton hadir,Sehingga acara Meriah.Hampir Seribu orang yang memakai Baju atau kostum Hanoman yang terdiri dari Warga masyarakat setempat.

Dalam Festival tersebut Orang nomor satu di kabupaten Banyumas Bapak Bupati Achmad Husein memakai Kostum yang telah di sediakan panitia yaitu menjadi Sri Rama.Masyarakat yang datang begitu sangat banyak sekali sehingga lapangan penuh dan penonton Melebar ke pinggir-pinggir jalan.

Dalam Sambutanya Bapak Opan selaku Kades Kaliori setempat"Merdeka..Merdeka..Merdeka..saya ucapkan Terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Achmad Husein beserta jajaranya dan terimakasih kepada warga masyarakat serta pihak-pihak yang telah mendukung acara Festival ini,1000(seribu) Hanoman merupakan rangkaian festival Kendali sada dari Festival lainya"ungkapnya.

Dengan hadirnya Bapak bupati,adalah tanda dibukanya festival kendali sada.kami berharap kedepanya bapak bupati bisa mendukung,Selain Festival 1000 Hanoman,Besok hari selasa pada 26/09 di acara Festival kendali sada juga akan kedatangan Penari dalam dan luar Negeri"imbuhnya.

Saat di wawancarai oleh berbagai media dia menjelaskan Pada hari ini kami mengadakan Festival kendali sada Art,ini baru pertama kali,mudah-mudahan akan berlanjut terus,kami akan laksanakan tiap tahun sekali.kami berharap menjadi desa wisata dan menguri-uri budaya banyumas.Kami juga melibatkan masyarakat,seni tari ini juga di lombakan dan akan mendapat juara 1,2 atau 3,kita akan cari mana tarian yang paling bagus"terangnya.

"Sangat mendukung sekali,Acara yang Sangat unik dan Festival yang Langka,Untuk kedepanya sangat Perlu di kembangkan,diperlukan orang-orang yang kreatif untuk Dapat membuat sesuatu yang Luar biasa"Bapak bupati Banyumas achmad Husen menyampaikan dalam sambutanya.

Setelah acara di buka Dengan sambutan-Sambutan dari Berbagai pihak.Kegiatan  dilanjutkan dengan kirab 1000 Hanoman,Yaitu dengan jalan kaki dari lapangan Garuda ke Bukit kendali Sada yang konon ceritanya tempat pertapaan Hanoman.Jalan kaki atau kirab ini di pimpin oleh Bapak bupati beserta Camat dan para Kades serta orang yang memakai kostum Hanoman di belakangnya.Kirab ini Juga di iringi berbagai kenthongan,ikon Patung Hanoman Raksasa serta sebagai kirab pusaka yang terdapat di bukit kendali sada.

Sesampainya di Bukit kendali sada,Di lanjutkan denga pertunjukan Lomba menari Hanoman yang di nilai juri dan di saksikan ribuan Masyarakat yang hadir pada saat itu.(narsono)

  • Whatsapp

Index Berita