13 Pengusaha UKM ikut Pelatihan Erwan Pegawai Bea Cukai Purwokerto: Eksport itu Mudah

    13 Pengusaha UKM ikut Pelatihan Erwan Pegawai Bea Cukai Purwokerto: Eksport itu Mudah
    Pegawai Bea Cukai Purwokerto dan Dinperindag Kabupaten Banjarnegara saat Acara Pelatihan Eksport

    BANJARNEGARA - Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Bea Cukai Purwokerto dan Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, menyelenggarakan pelatihan ekspor kepada para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bertempat di Kopi Sabin Banjarnegara, Sabtu Siang (10/04/2021).

    Dalam acara tersebut diikuti sebanyak 13 pengusaha UKM yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

    Dalam sambutannya, Haryanto Agus Setiyadi, ST, M.Si, selaku Kepala Bidang Perdagangan Kabupaten Banjarnegara menyampaikan bahwa acara pelatihan ekspor tersebut diselenggarakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para pelaku usaha UKM. 

    “Dengan adanya acara pelatihan ekspor ini diharapkan pengetahuan para pelaku usaha UKM bertambah, dan membuka peluang produk UKM dapat menembus pasar global", Tegas Agus.

    Bertindak selaku narasumber, Erwan Saepul Holik, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Purwokerto, Dalam pemaparannya menyampaikan, manfaat apabila produk UKM diekspor, para pihak yang terlibat dalam transaksi perdangan, khususnya, kegiatan ekspor, mekanisme ekspor dan peran Bea dan Cukai dalam rangkaian kegiatan ekspor.

    “Ekspor itu mudah, setelah mendapatkan NIB - Ekspor, akan kami install dan aktivasi aplikasi ekspor, selanjutnya pengusaha UKM dapat mengekspor produknya secara mandiri", Ungkap Erwan.

    Acara dilanjutkan dengan kegiatan asistensi membuat permohonan Nomor Induk Berusaha - Ekspor (NIB - Ekspor) melalui Online Single Submission pada portal oss.go.id.

    Adapun dalam kegiatan yang dilakukan Muhammad Lalu dan Fandi Suprapto, pegawai Bea Cukai Purwokerto, memberikan pelatihan bagaimana membuat akun, mengisi data yang diperlukan dalam OSS, serta mengasistensi perubahan data dalam OSS tersebut, hingga mendapatakan NIB - Ekspor.

    Setelah kegiatan asistensi login dan mengisi data dalam aplikasi OSS, peserta diberikan pelatihan pengisian aplikasi Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB). Aplikasi yang digunakan adalah Modul PEB dummy, sehingga seluruh peserta mempunyai gambaran konkrit bagaimana cara menuangkan dokumen pelengkap ekspor dalam aplikasi ekspor.

    Di akhir acara, Ayu Jasmine dan Aura Boutique menyampaikan testimoni atas pelaksanaan kegiatan pelatihan ekspor bagi UKM tersebut.

    "Kami mengucapkan terimakasih atas

    pelatihan yang telah diberikan, Ternyata ekspor itu mudah, semoga kami dapat melakukan ekspor

    produk kami secara mandiri”, pungkasnya.

    Jurnalis Indonesia Satu: SoN/***

    Bea cukai purwokerto Jawa tengah Banjarnegara
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Bakti Sosial TNI, POLRI dan UMKM Kapolresta...

    Artikel Berikutnya

    H+4 Komunitas Wartawan Lokal Giat Halal...

    Berita terkait